Cara Mudah Mengganti Font Android Tanpa Root

Cara Mudah Mengganti Font Android Tanpa Root - Pengguna android memang sudah banyak sekali, apalagi di tahun-tahun ini, marak nya pabrik ponsel yang mengeluarkan smartphone dengan OS android. Namun di samping itu, namanya juga hp pintar, pasti sangat bisa untuk di desain, dengan mengubah tampilan, salah satunya yang akan saya bahas ini. Font atau yang dalam bahasa indonesia adalah huruf ternyata sangat bisa sekali untuk di rubah, banyak sekali cara yang sangat mudah untuk merubah font.

Untuk merubah font rata-rata ponsel android perlu di root terlebih dulu, karena kadang-kadang ada sebuah aplikasi yang meminta untuk di root terlebih dulu. Untuk cara itu mungkin tidak semua orang mengetahui cara root android, maka membiarkan ponsel mereka tampil seadanya, meskipun ingin merubah font standar di android. Untuk anda yang ingin merubah font android tanpa root jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan cara-cara nya di bawah ini.

cara merubah font android jelly bean tanpa root

  • Menggunakan aplikasi Hifont


Nah aplikasi ini memang sangat cocok banget untuk smartphone android yang belum root, selain font nya yang bagus-bagus dan menarik, aplikasi ini memudahkan kita untuk merubah font kapan saja, untuk anda yang ingin mencobanya silahkan download di playstore langsung. Namun perlu di catat aplikasi ini tidak semua berjalan di android yang belum root, tapi apa salahnya di coba dulu.

  • Aplikasi Ifont
Aplikasi ini juga tidak kalah bangus dengan yang di atas, memang semua aplikasi pada dasarnya sama saja, hanya tampilan nya saja yang berbeda, font-font yang bagus yang ada dalam aplikasi ini bisa kamu terapkan ke android kesayangan kamu, untuk mencoba bisa langsung download di playstore.

  • Dengan ADB
Untuk menggunakan ADB, pertama kita harus mempunyai file adb dalam pc atau laptop kita, kedua pastikan USB debugging pada smartphone kita aktif, dan jika kita belum pernah menggunakan adb, lebih baik pelajari dulu apa itu adb, agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan cara ini.

Pertma, sambungkan smartphone kita dengan PC atau laptop, setelah smartphone kita terdeteksi pada ADB, lalu melalui adb kita rubah nama font kita dari century.ttf menjadi rosemary.ttf.

Lalu setelah kita ganti  menjadi rosemary.ttf, copy paste file tadi pada SD card, biasanya folder ini berada di /sdcard

Setelah itu buka command prompt pada adb.

Lalu ketik perintah
  • adb shell

Setelah itu
  • su
  • mount -o remount,rw /system
Dan untuk menjaga-jaga kita backup juga font rosemary.ttf caranya sebagai berikut
  • cd /system/fonts
  • mv rosemary.ttf rosemary.ttf.bak
Setelah itu kita perlu copy file rosemary.ttf tadi ke tempat dimana font ini akan di gunakan, untuk melakukanya caranya sebagai berikut.
  • cp /sdcard/rosemary.ttf /system/fonts
Selanjutnya nanti kita akan di konfirmasi bahwa file adalah readable, jika file tidak bisa di read, makan smartphone kita akan brick, file yang readable akan mendapat permision 644 atau 666.

untuk memastikan masukan perintah
  • chmod 644 rosemary.ttf
Setelah itu keluar dari command prompt tadi dengan cara
  • exit
Setlah itu, reboot smartphone kita, dan font sudah berubah.

Nah itulah cara-cara yang dapat dilakukan anda untuk merubah font pada android, untuk cara yang terakhir jika memang takut beresiko maka jangan coba-coba untuk melakukan nya, takut-takut ada kesalahan saat prosess nya, dan saya disini hanya memberikan cara nya saja, jika terjadi sesuatu pada smartphone anda jangan salahkan saya, saya disini hanya memberikan cara yang pernah saya pakai dan memang berhasil. Tanggung jawab sepenuhnya untuk agan yang ingin melakukan cara ketiga di atas tadi, terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Mengganti Font Android Tanpa Root"

Post a Comment